Valno Prayawirja, Trainer Cleanlab Academy: “Mencuci Itu Seni!”

Berusia 22 tahun, Valno Prayawirja sudah melatih para pemilik dan karyawan laundry di lebih dari 60 laundry hanya dalam kurun waktu 6 bulan setelah ia bergabung menjadi Trainer di Cleanlab Academy. Bersama tim Trainer lainnya, Valno tidak hanya memberikan pelatihan laundry di seputar Jabodetabek saja, tapi juga daerah-daerah lainnya di Indonesia seperti Bandung dan Lumajang.

Semakin hari, permintaan pelatihan laundry yang datang ke Cleanlab Academy tidak hanya yang berasalah dari Jabodetabek saja, tapi semakin banyak juga yang berasal dari luar kota. Banyak yang menghubungi Cleanlab Academy lewat website untuk konsultasi gratis, dan Instagram @cleanlabacademy.

 

Berawal dari Store Manager Cleanlab Laundry

Meski masih belia, Valno dipercayakan menjadi Trainer Cleanlab Academy, karena pengalamannya yang sudah mumpuni dalam mengelola laundry. Sebelum menjadi Trainer, Valno adalah Store Manager Cleanlab Laundry wilayah Jakarta Selatan yang mengelola empat cabang Cleanlab Laundry, yakni di daerah Kebagusan, Kuningan, Kalibata dan Kemang.

Valno mengungkapkan bahwa ketika memberikan pelatihan, paling banyak jenis pelatihan yang diminta adalah pelatihan layanan laundry satuan premium dan laundry sepatu. Memang layanan laundry satuan dan laundry sepatu merupakan layanan yang laris manis dicari para pelanggan. Tak heran jika semakin banyak pemilik laundry yang makin peduli dan memperhatikan layanan ini.

“Semua training memberikan kesan tersendiri. Yang begitu mengesankan saya adalah ketika bisa memberikan pelatihan hingga ke daerah-daerah, tidak hanya di Jabodetabek. Itu berarti menunjukkan bahwa bisnis laundry sudah semakin maju dan berkembang di Indonesia,” ujar Valno.

 

Membantu Pengusaha Laundry Menyelesaikan Berbagai Masalah Bisnisnya

trainer Cleanlab Academy

Kurangnya penerapan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan minimnya pengetahuan dalam menjalankan laundry menjadi masalah utama yang biasanya dialami oleh para pengusaha laundry. Ini yang bisa membuat laundry berantakan, stagnan, tidak berkembang, bahkan sangat mungkin bangkrut!

Walaupun laundry adalah jenis usaha yang menggunakan mesin, tetaplah keahlian manusia dan kemampuan serta keterampilan karyawannya sangatlah penting. Karena ada noda-noda yang perlu penanganan khusus dan hanya bisa dikerjakan oleh manusia. Terlebih untuk layanan laundry satuan, seperti sepatu, tas, dan lain-lain yang memang tidak bisa dikerjakan oleh mesin. Tingkat kebersihan pencuciannya sangat bergantung keterampilan tangan manusia.

“Jangan berhenti belajar, karena mencuci itu seni! Tidak ada patokan khususnya karena noda-noda yang kita tangani sangat bergantung pada tangan kita,” pesan Valno.

Selama menjadi Trainer di Cleanlab Academy, Valno paling senang ketika bisa berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan para pengusaha laundry. “Perkembangan yang paling signifikan dari setiap peserta pelatihan adalah pengetahuan mereka di dunia laundry semakin terbuka. Semangat mereka juga semakin besar untuk menggali kembali pengetahuan untuk menjalani usaha laundry mereka,” ujar Valno.

trainer Cleanlab Academy

Artikel Terkait

Floren Antony, Manajer Cleanlab Academy: Memajukan Industri Laundry di Indonesia Melalui Pelatihan Laundry yang Menyeluruh

Keyakinan akan kemajuan nusantara dan pembangunan ekonomi bangsa yang dapat tercapai dengan optimal melalui kualitas Sumber Daya Manusia yang baik, menuntun Floren Antony, Manajer Cleanlab Academy untuk membangun negeri melalui sisi pendidikan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia. Berlatar belakang pendidikan Master of Education dengan segudang pengalaman sebagai Consultant dan Trainer dari berbagai industri menjadikan Floren seorang Business Development Strategist yang andal […]

Baca Selengkapnya
Indri, Pemilik Benja Laundry: Dukung Karyawan yang Nggak Berpengalaman untuk Mengikuti Training Laundry

Terus memberikan ilmu dan training laundry agar karyawan senantiasa belajar adalah salah satu bentuk peduli pemilik laundry kepada karyawannya. Apalagi, jika karyawannya tidak punya pengalaman bekerja di laundry seperti yang dialami oleh Indri, pemilik Benja Laundry di Serpong. Sebelum menjadi pengusaha laundry, Indri berprofesi sebagai guru. Hanya saja, karena ingin lebih fokus mengurus anak di […]

Baca Selengkapnya
Promo Ramadhan Cleanlab Academy: Gratis Training Laundry Perlengkapan Ibadah untuk Semua Jenis Pelatihan yang Dipilih

Pilih paket pelatihan laundry yang Anda butuhkan dan dapatkan gratis training cuci perlengkapan ibadah di Promo Ramadhan Cleanlab Academy! Daftar di sini: Daftar Promo Bulan Ramadhan seperti sekarang ini biasanya banyak pelanggan laundry yang mencuci perlengkapan ibadahnya ke laundry. Mulai dari sarung, mukena, sajadah hingga busana muslim seperti baju koko dan gamis. Apakah Anda sudah menyediakan […]

Baca Selengkapnya
Mau Tambah Layanan Laundry Stroller? Pelajari Dulu Cara Cuci Stroller yang Tepat di Sini!

Salah satu layanan laundry satuan yang bisa membuat laundry Anda untung besar adalah layanan laundry stroller. Yuk, belajar cara cuci stroller yang benar! Menjelang Lebaran, salah satu layanan laundry yang akan laris dicari pelanggan adalah layanan laundry stroller. Karena mereka yang mudik dengan bayi, tentu akan membawa serta stroller-nya. Tentunya stroller yang siap dibawa mudik […]

Baca Selengkapnya

Valno Prayawirja, Trainer Cleanlab Academy: “Mencuci Itu Seni!”

Cukup sediakan waktu: 3 min
0