Reiza Zarkowi, Training Consultant Cleanlab Academy: “Selain Hard Skill, Pengusaha Laundry Juga Harus Jago Soft Skill.”

Menjalankan laundry tidak hanya butuh keterampilan teknis, tapi juga soft skill. Itulah tugas Reiza Zarkowi, Training Consultant Cleanlab Academy, melatih para pengusaha laundry tidak hanya jago teknis, tapi juga jago strategi dan manajemen laundry.

Berkarier di perusahaan di bidang konsultasi selama hampir dua tahun, membuat Reiza bertemu banyak orang yang potensinya belum tereksplorasi secara maksimal, dan itu yang memacunya untuk bisa membantu mereka membuka kunci potensi yang ada dalam diri mereka.

“Itu yang mendorong saya untuk menekuni bidang training khususnya di Cleanlab Academy. Saya ingin melihat para pengusaha laundry bisa mengeluarkan potensi dan kemampuan terbaik yang mereka miliki,” ujar Reiza.

Lebih dari 40 laundry yang telah dilatih oleh Reiza sejak enam bulan bergabung di Cleanlab Academy. Tidak hanya laundry di Jabodetabek, tapi juga hingga Semarang dan Jambi. Dan masih menunggu lagi banyaknya pengusaha laundry yang mengantre untuk dilatih serta kota-kota lainnya yang perlu disambangi.

Pengusaha laundry yang datang ke Cleanlab Academy banyak yang meminta pelatihan seputar manajemen laundry, operasional laundry, SDM, hingga keuangan laundry.

“Dalam memberikan pelatihan, ada empat level yang harus dilalui, mulai dari tahu, paham, bisa dan jago. Tantangan kami para trainer dan konsultan di Cleanlab Academy adalah bagaimana memastikan semua peserta yang kami latih sampai ke tahap level jago,”

 

 

Masalah Utama yang Ditemui dari Para Pengusaha Laundry: SOP Laundry sampai Sistem Penggajian Karyawan

training laundry

 

Menurut Zarko, sebagian besar pengusaha laundry yang datang ke Cleanlab Academy dan membutuhka pelatihan laundry, mengeluh akan masalah penerapan SOP laundry mereka, persoalan penggajian karyawan yang ideal, hingga kurangnya pelayanan yang prima dari karyawan ke pelanggan.

 

“Masalah yang paling sulit adalah bagaimana meminimalisir datang dan perginya karyawan yang potensial di laundry milik pengusaha laundry yang menjadi peserta pelatihan kami,” ungkap Reiza.

 

“Kiblat seorang karyawan adalah owner laundry itu sendiri. Kalau owner merasa cuek akan perkembangan karyawan mereka maka karyawan akan stagnan dan merasa kurang diperhatikan. Perkembangannya adalah dari segi keahlian maupun insentif,” lanjut Reiza.

 

Selama menjalankan tugasnya sebagai Training Consultant yang paling membahagiakan Zarko adalah ketika semua masalah laundry peserta pelatihan terjawab. Seperti tingkat komplain yang semakin rendah, hingga banyaknya pelanggan setia yang datang ke laundry mereka.

 

Karena memang setelah mengikuti pelatihan, biasanya akan terjadi perkembangan signifikan dari laundry mereka. “Saya pernah diinfo oleh salah satu pengusaha laundry yang pernah ikut pelatihan cleanlab academy kalau mereka kewalahan dengan order yang semakin banyak. Sampai harus memisahkan tempat untuk drop off dan workshop,” kisah Reiza.

 

Sebagai Training Consultant, bertugas melatih soft skill dan strategi marketing untuk para pengusaha laundry

training laundry

Untuk melatih hard skill yang berkaitan dengan keahlian teknis para karyawan laundry, adalah tugasnya sang Trainer Valno Prayawirja, sementara bagian soft skill, adalah Reiza ahlinya.

Ia melatih bagaimana memberikan keunggulan layanan, mengatasi komplain pelanggan dan manajemen laundry yang berkualitas secara keseluruhan.

“Selain harus mempunyai manajemen waktu dan pelayanan yang baik, pengusaha laundry juga harus mempunyai pemikiran kreatif di era yang kompetitif ini. Karena di era sekarang ini, para pengusaha dituntut untuk lebih cekatan dan berpikir kreatif. Jadi, selain hard skill, soft skill juga sangat mendukung untuk kemajuan laundry mereka,” ujar Reiza.

Strategi marketing atau pemasaran laundry juga sangat penting dalam memajukan laundry. Ini pesan Reiza untuk laundry yang ingin mulai menggencarkan promosi dan pemasarannya.

“Bagi pengusaha yang sedang merencanakan untuk membuka usaha laundry baiknya harus lebih memperhatikan dalam segi lokasi. Pilih yang benar-benar strategis. Sedangkan bagi yang usahanya sudah berjalan harus bisa lebih membaca peluang dan rajin membuat partnership atau kerja sama dan promosi yang menitikberatkan pada pola kebiasaan pelanggan laundry-nya.”

Wah, ternyata banyak juga ya yang perlu dipelajari oleh pengusaha laundry, nggak cuma keterampilan teknis aja, tapi juga nonteknis, seperti manajemen laundry dan strategi promosi!

Mau belajar langsung dari para ahli laundry di Cleanlab Academy, seperti salah satunya Training Consultant kami Reiza Zarkowi?

Langsung aja hubungi kami di sini:

cleanlabacademy@ahlijasa.com 
0857-1596-6989

Kami juga persembahkan buku belajar bisnis laundry berjudul Kupas Tuntas 40 Kunci Rahasia Laundry yang Joss!

Anda bisa download bukunya gratis di sini: Download buku gratis di sini

 

Artikel Terkait

Jangan Cuci Helm Sembarangan, Ini Cara Laundry Helm yang Benar!

Karena banyaknya permintaan cuci helm, semakin banyak juga pengusaha laundry yang membuka bisnis laundry helm. Tapi, bagaimana cara laundry helm yang benar? Permintaan cuci helm semakin meningkat dari hari ke hari. Karena moda transportasi masih menjadi pilihan transportasi favorit untuk berkendara menembus kemacetan. Ditambah juga semakin menjamurnya ojek online yang tentunya intensitas pemakaian helmnya sangat […]

Baca Selengkapnya
8 Cara Mencuci Tas dari Bahan Kanvas yang Benar Agar Hasilnya Bersih dan Pelanggan Puas!

Mencuci tas pelanggan laundry harus penuh ketelitian. Terutama dalam menghilangkan noda-noda yang sulit seperti noda tinta, misalnya. Peralatan yang dibutuhkan juga sedikit berbeda dengan mencuci pakaian biasa. Berikut ini kami jabarkan peralatan yang dibutuhkan dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencuci tas dari bahan kanvas dan nylon.    Cara mencuci tas dari bahan kanvas dan […]

Baca Selengkapnya
Belajar Jadi Pengusaha Laundry yang Sukses, Download Buku “Kupas Tuntas 40 Rahasia Laundry yang Joss!” [GRATIS]

Bingung dari mana sumber yang mantap untuk belajar jadi pengusaha laundry yang sukses? Yuk, download buku digital tentang bisnis laundry yang kami buat! Jadi pengusaha laundry yang sukses bukan lagi sekadar impian. Sukseskan laundry Anda sekarang juga bersama “buku sakti” bisnis laundry dari kami. Segenap tim Cleanlab Academy, Cleanlab Laundry, Cleanlab POS, dan Cleanlab Supply […]

Baca Selengkapnya
Pak Azhari, Pemilik ASR Laundry: “Saya Jadi Lebih Percaya Diri dan Nggak Takut Lagi Buka Laundry”

Modal buka laundry lebih dari sekadar tempat dan mesin-mesin laundry, yang paling utama adalah pengetahuan bagaimana memulai dan menjalankannya. Pak Azhari datang ke Cleanlab Academy saat baru mau membuka laundry pada bulan Februari 2019. Kini, ASR Laundry miliknya sudah berdiri di daerah Bekasi sejak dua minggu lalu. “Saya sudah punya tempat, saya sudah punya peralatan, […]

Baca Selengkapnya

Reiza Zarkowi, Training Consultant Cleanlab Academy: “Selain Hard Skill, Pengusaha Laundry Juga Harus Jago Soft Skill.”

Cukup sediakan waktu: 4 min
0